السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

PROFIL

A. PENDAHULUAN

 Pondok Pesantren merupakan lembaga “Tafaqquh FI Al-Diin” (memperdaam ilmu-ilmu agama) yang bergerak diberbagai bidang yaitu dakwah islamiah, pendidikan, pengejaran dan pelayanan sosial.
Podok Pesantren Nurul Jadid sebagai pondok pesantren yang lain pada umumnya juga bergerak dalam bidang tersebut diatas. Sebagai konsekwensi logis dari hal tersebut adalah mengadakan lembaga pendidikan baik pendidikan formal maupun non formal. Adapun lembaga pendidikan formal yang ada di pondok ini yaitu (TK) sampai perguruan tinggi. Lembaga itu ada yang berafiliasi kepada DEPAG (Departemen Agama) dan kepada Departemen Pendidikan Nasional (baca Sejarah PP. Nurul Jadid).
Salah satu lembaga yang ada di Pondok Pesantren Nurul Jadid adalah Lembaga Bahasa Arab-Mahasiswa Nurul Jadid. Lembaga ini merupakan lembaga pendidikan non formal sebagai program dari Pondok Pesantren Nurul Jadidyang berada di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Nurul Jadid yang bertujuan mendidik mahasiswa mampu mamahami bahasa arab dan kitab kuning secara kontekstual.
Adapun tahun berdirinya lembaga ini adalah pada tanggal 20 Juni 2008 yang di motori oleh Ust. Badrut Tamam, SH.I yang berasal dari Pamekasan Madura dengan jumlah anggota yang cukup minim yaitu sekitar 10 orang untuk angkatan pertama, untuk angkatan ke-2 sekitar 15 orang dan angktan ke-3 20 orang. Namun karena berbagai hambatan banyak anggota yang mutasi tempat ke daerah lain sepert diangkat menjadi pengurus wilayah, ataupun alasan keluarga. Dan ada juga yang boyong dari pondok pesantren.
.
B.   TUJUAN, VISI DAN MISI
1. Tujuan
     Sesuai dengan latar belakang berdirinya LBA-M. Bahwa Lembaga Bahasa Arab-Mahasiswa bertujuan untuk mencetak kader Bangsa yang berwawasan intelektua dan berinteraksi menggunakan bahasa asing dengan baik sehingga mampu menjawab seluruh problematika yang terus berkembang di tengah-tengah masyarakat.
2. Visi
a.   Terciptanya Lembaga yang ideal yang mampu mengikuti tantangan dan perkembangan zaman tanpa harus terseret oleh zaman.
b. Terciptanya output yang beriman, bertaqwa, berakhlaqul karimah, disiplin berpengetahuan luas,  kretatif, mandiri, mempunyai keterampilan bahasa sehingga menjadi manusia yang siap pakai sehingga dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat, bangsa dan negara.
3. Misi
a.    Meningkatkan kwalitas kelembagaan dengan melakukan efisiensi dan efektifitas kerja untuk mewujudkan sistem kerja yang baku, tertib dan transparan
b.    Meningkatkan kwalitas pendidikan melalui pengembangan sistem pengajaran yang efektif, Sumber Daya Manusia (SDM) dan infrastruktur lembaga.


C.   Ruang Lingkup Materi
  Secara umum ruang lingkup materi meliputi pemahaman kitab klasik, bahasa arab dan  keterampilan dalam al-qur’an, dengan rincian :
    1. Kitab
a.     Ilmu-ilmu alat
b.     Keterampilan baca
c.     Kajian teks
2.    Kebahasaan
a.     Keterampilan kitabah/writing (menulis)
b.     Keterampilan muhawarah (berbicara)
3.    Al-Qur’an
a.       Keterampilan baca
            b.   Keterampilan Menulis